Sunday, December 31, 2017

Cara Mengatasi Android yang Terserang Virus

Mencegah smartphone android dari virus
Virus adalah sebuah program yang dirancang sedemikian rupa untuk menyerang para korbannya. Virus sendiri biasanya menyerang korbannya dengan cara merusak sebuah hardware atau software pada perangkat android yang terkena virus. Virus dapat juga dibilang sebagai mikroorganisme suatu teknologi atau bisa disebut bad script yang menjangkit suatu perangkat komputer dan smartphone yaitu android. Virus juga terdapat beberapa macam virus dan memiliki tugas dan spesifikasi yang berbeda. Akan tetapi virus pada dasarnya ditugaskan untuk merusak, mencuri data atau dapat mengirimkan pesan tanpa sepengetahuan kita sehingga merugikan para korban dari virus itu sendiri. Maka dari itu kita harus mengetahuidan memahami untuk terhindar dan mencegah perangkat kita dari sebuah virus supaya perangkat kita dapat melakukan aktivitasnya dengan normal. Namun bagi sobat yang perangkat androidnya sudah terjangkit oleh virus tidak perlu khawatir karena untuk menghapus virus pada android sangatlah mudah jika dibandingkan dengan menghapus virus pada laptop atau komputer karena android merupakan perangkat open source yang dapat mendeteksi apakah sebuah perangkat terjangit sebuah virus atau tidak. Tetapi untuk kebaikan sebuah perangkat alangkah baiknya sobat menginstall aplikasi antivirus yang berbayar ataupun gratis yang memiliki fungsi yang sangat baik untuk dapat mencegah masuknya virua kedalam perangkat android. Karena tidak menutup kemungkinan aplikasi antivirus tertempel oleh virus juga yang dikarenakan antivirus tersebut abal - abal makan bagi teman - teman yang ingin menginstall aplikasi harap download pada tempat yang legal dan terpercaya.
Biasanya perangkat android yang terkena virus mengalami kinerja yang tidak semestinya terjadi, hal ini dapat berakibat erornya sebuah aplikasi yang tidak berjalan dengan semestinya. Bila hal tersebut dibiarkan terlalu lama atau tidak dilanjuti oleh usernya maka hal ini akan menjadi fatal yang mengakibatkan sebuah perangkat error atau mengalami kerusakan. Bagi sobat yang mebgalaminya beritaintekno pernah mengulas tentang bagaimana menghapus virus pada ponsel android yang dapat dibaca Cara Menghilangkan Malware Pada Smartphone Android. Namun adapun cara yang lebih baik untuk terbebas dari virus yaitu dengan cara mencegahnya.

Cara mencegah perangkat android dari virus

Adapun beberapa cara yang bisa kita terapkan dalam mengoperasikan sebuah perangkat android agar terbebas dari virus. Berikut cara menghindari android dari virus :

1. Memilih website terpercaya untuk melakukan browsing

Banyak dari kita yang tidak memperhatikan hal ini karena dinilai sangat kecil kemungkinan untuk terkena virus dari hal tersebut. Namun pada kenyataannya sekarang banyak situs atau website yang dengan sengaja memasang sebuah virus untuk mencuri data para korban yang sedang browsing pada situs tersebut. Ada juga dengan menaruhkan virus pada file yang akan didownload para korban. Maka dari itu kita sebagai netizen yang bijak harus memilih atau mensortir website yang akan kita masukin atau download.

2. Menginstall antivirus pada smartphone

Tentunya jika kita ingin perangkat android kita terbebas dari virus - virus yang akan merusak isi ponsel kita, maka yang harus kita lakukan adalah dengan menginstall antivirus yang sudah terbukti keamanannya baik berbayar ataupun gratis. Karena pada zaman sekarang banyak developer yang dengan sengaja menaruh virus pada antivirus untuk melakukan tindak kejahatan. Yang seharusnya perangkat android kita terbebas dari virus karena menginstall antivirus justru ini sebaliknya malah dengan menginstall antivirus ponsel android kita. Untuk sobat yang masih bingung untuk memilih antivirus mana yang sudah terbukti terpercaya tentunya tidak usah khawatir karena beritaintekno akan membuat daftar aantivirus yang dijamin keamanannya. Berikut daftar antivirus:

  • 360 Security
Antivirus 360 security
360 Security adalah sebuah program yang dibuat khusus untuk menjaga ponsel kita dari berkas berbahaya ataupun virus yang ingin merusak ponsel kita. 360 Security bukan hanya untuk mencegah ponsel android kita dari virus akan tetapi 360 Security dapat menghapus virus dan berkas berbahaya yang terdapat pada ponsel android sobat.
360 Security juga menyuguhkan fitur - fitur yang sangat berguna bagi ponsel android kita. Fitur tersebut memungkinkan untuk mengoptimalkan sebuah aplikasi yang tidak aktif yang berjalan di layar belakang. Selain itu 360 Security menghadirkan sebuah fitur yang dapat memblokir sebuah nomer untuk tidak dapat dihubunginya lagi dengan meletakan nomor pada menu blokir. Jadi menurut beritaintekno antivirus ini cukup baik untuk memproteksi ponsel android kita. Bagi sobat yang ingin menginstall bisa mendownload dengan mengklik 360 Security.

  • Clean Master
Antivirus clean master
Clean Master adalah sebuah program antivirus yang sangat diminati dengan jumlah download sekitar 500 juta downloader. Antivirus buatan cheetah mobile ini sengaja dirancang untuk memproteksi ponsel android sehingga terjauh dari virus dan file yang berbahaya. Aplikasi clean master bukan hanya dirancang untuk mencegah ponsel dari virus akan tetapi dapat menghapus virus dan berkan bahaya lainnya. Selain itu Clean Master menghadirkan fitur yang sangat menarik dan dapat digunakan oleh para usernya dengan cuma - cuma alias gratis. Clean Master sendiri sudah melakukan bentuk kerja sama dengan perusahaan ponsel ternama untuk memformulakan sebuah antivirus yang baik untuk ponsel yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Jadi bagi sobat yang masih bingung dalam menginstall aplikasi antivirus untuk ponsel sobat tidak ada salahnya untuk mendownload antivirus Clean Master.

Maka dari itu kita sebagi user internet haruslah bijak dalam menggunakan internet, memilih - milih situs yang terjaga keamanan, mendownload file pada tempat yang legal, tidak mendownload aplikasi bajakan serta rutin dalam pengecekan dengan menggunakan antivirus. Demikian tutorial yang dapat beritaintekno berikan, jika tutorial ini bermanfaat jangan sungkan untuk mensgare agar lebih banyak orang yang mengetahui hal diatas. Terima kasih.

1 comment:

  1. wah mantab gan, artikelnya membantu sekali. memang kalau tidak hati hati mudah terserang virus nih android.

    ReplyDelete

Silakhan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik.

Cara Memakai Kuota Malam di Siang Hari dengan Anonytun

Kembali lagi di blog yang menyediakan berbagai macam tutorial tentang perkembangan teknologi yang ada didunia. Kali ini beritaintekno akan...