Tuesday, January 2, 2018

Mengetahui Tanda - Tanda Ada Virus di Smartphone Android Kamu

Mencegah kejahatan cyber
Banyak hal penting yang harus kita kerjakan melalui smartphone kita. Seperti mencari informasi, berkomunikasi, aktivitas perbankan bahkan sampai dengan mengakses data pribadi maupun perusahaan yang harus menggunakan koneksi internet.
Menurut penelitian ada sekitar 60% kejahatan cyber atau yang sering disebut dengan cyber crime memposisikan pengguna smartphone berbasis android,ios dan windows phone sebagai sasaran empuknya. Kejahatan cyber pun banyak sekali jenisnya, mulai dari membuat website tiruan atau yang sering disebut dengan phising, hijacking di jaringan wifi umum bahkan pelaku dengan tega mengirimkan file virus ke smartphone android yang kita gunakan. Maka dari itu kita sebagai user harus mengetahui macam - macam cyber crime dan cara mengatasinya.

Tanda - Tanda Smartphone Android Kamu Terkena Virus

1. Sering Muncul Pop - up Iklan

Virus berjenia iklan
Tanda yang pertama adalah munculnya iklan di smartphone android mu secara terus - menerus dan tidak jelas asal iklan tersebut dari mana. Wajar saja bila iklan muncul dari aplikasi android yang di download secara gratis karena itu merupakan sponsor terhadap aplikasi tersebut. Tapi apabila iklan muncul secara tiba - tiba saat kita tidak melakukan apapun seperti di lockscreen, homescreen bahkan saat hp sedang dalam keadaan tidur itu harus kita waspadai karena bisa saja smartphone androis kita sedang menjadi target para pelaku cyber crime.

Sebaiknya kamu jangan pernah sekali - kali untuk menekan iklan tersebut karena itu bisa saja memberi jalan terhadap pelaku untuk memcuri data pribadi kamu. Cara Menhapus Malware Pada Smarthpone Android

2. Mengirim Pesan Aneh Secara Otomatis

Munculnya pesan aneh
Sebuah smartphone yang terindikasi adanya virus dapat saja mengirim pesan dengan tidak jelas secara otomatis bahkan melakukan sebuah panggilan ke nomer tertentu. Jika kamu merasakan hal tersebut di smartphone kamu bisa saja smartphone android mu telah di hack oleh pelaku cyber crime dengan mengambil data - data perbankan atau data penting lainnya yang terdapat di smartphone android kamu. Solusinya adalah kamu harus dengan cepat menghapus semua pesan yang dianggap mencurigakan agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Baterai Smartphone Boros

Borosnya baterai smartphone
Boroanya baterai mungkin saja bisa terjadi karena ada aktifitas aplikasi di layar belakang. Namun jika smartphone android kita tidak melakukan apapun tetapi baterai tetap boros itu yang tidak wajar. Bisa saja sebuah virus sudah menempel di smartphone android kamu dan melakukan aktivitas secara terus menerus tanpa kita ketahui untuk melakukan pencurian data yang selanjutnya akan dikirim ke pelaku tersebut. Kamu harus segera menindak lanjuti hal tersebut agar virua tidak bertambah banyak bahkan dapat merusak smartphone kamu.

4. Kuota Cepat Habis

Kuota cepat habis akibat virus
Kuota terasa cepat habis bisa saja itu dikarenakan adanya virus yang nempel pada smartphone android kamu. Untuk memastikan kamu bisa buka setelan aplikasi agar dapat mengetahui aplikasi yang diduga menghabiskan banyak kuota. Jika aplikasi yang mengeluarkan banyak kuota adalah aplikasi yang sering digunakan, maka hal itu sangatlah wajar. Akan tetapi jika sebuah aplikasi menempati daftar teratas dalam penggunaan kuota sedangkan kamu jarang sekali memakainnya hal itu yang harus kamu waspadai.

Kesimpulan

Itulah tanda - tanda yang harus kamu waspadai karena bisa saja hal tersebut terjadi karena adanya virus. Maka dari itu segera melakukan tindakan yang pantas jika kamu merasa seperti hal diatas pada smartphone kamu. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan setiap saat menggunakan antivirus agar terhindar dari virus berbahaya. Baca juga Cara Menghapus Malware Pada Smartphone Android

3 comments:

  1. wah bahaya ini mah gan harus selalu dibersihkan cache di hp

    ReplyDelete
  2. Rekomendasi anti virus terbaik apa tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 360 security gan, buat pendeteksi malware bisa pake malwarebytes gan. Semoga membantu

      Delete

Silakhan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik.

Cara Memakai Kuota Malam di Siang Hari dengan Anonytun

Kembali lagi di blog yang menyediakan berbagai macam tutorial tentang perkembangan teknologi yang ada didunia. Kali ini beritaintekno akan...